June 25, 2021

Raja Baca

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Tips Renovasi Rumah Tipe 36 Agar Hemat Anggaran

5 min read

 

 

 

Hunian yang nyaman membuat penghuninya merasakan betah berlama-lama di rumah. Bagi sobat yang menghendaki rumah nyaman, tentu salah satu cara yang biasa dilakukan adalah melakukan renovasi rumah. Sebelum merenovasi rumah, sobat harus merencanakan dengan detail.

Agar anda tidak bingung bagaimana cara menekan biaya renovasi rumah, berikut ini ulasan tips hemat renovasi rumah type 36 di bawah 40 juta:

  1. Menentukan bagian mana yang hendak di renovasi

Menentukan dulu bagian rumah yang akan direnovasi bertujuan agar biaya yang dibutuhkan dapat diprediksi. Misalkan apakah dibagian kamar? Ruang tamu? Ingin diperbesar? Atau apa? Dalam menentukan bagian yang hendak direnovasi harus membuat skala prioritas. Jika tujuan awal membuat kamar tidur anak maka lakukan sesuai rencana.

Jangan mengikuti godaan seperti keinginan menambah buffet kecil, membuat wallpaper, karena hal tersebut menyebabkan biaya yang dikeluarkan jadi membengkak. Sedangkan budget yang dimiliki terbatas.

  1. Memilih material bangunan rumah dengan harga bersahabat

Tips menekan biaya renovasi rumah adalah memilih material bahan bangunan dengan harga miring. Selain mempertimbangkan faktor harga, sobat juga wajib melihat dari segi kualitas bahan.

Jangan sampai barang murah tapi mudah rusak sehingga bukannya hemat justru sobat harus mengeluarkan uang lagi untuk perbaikan. Sobat bisa mencari referensi harga dan kualitas baik lewat internet, majalah, ataupun buku mengenai renovasi rumah.

  1. Menentukan tukang bangunan dan sistem pembayarannya

Renovasi rumah type 36 dapat menggunakan tukang dengan dua sistem pembayaran, yakni harian atau borongan. Masing-masing sistem pembayaran mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sistem borongan sifatnya pembayarannya secara paket, yaitu tukang harus menyelesaikan pekerjaan dalam kurun waktu tertentu.

Sedangkan sistem harian pembayarannya dihitung selama tukang melakukan renovasi rumah. Biasanya sistem harian membuat tukang cenderung mengulur-ulur waktu, sehingga biaya yang dibutuhkan membengkak. Solusinya, sobat harus mengontrol langsung pekerjaan tukang.

  1. Memanfaatkan barang-barang yang masih berguna

Tips hemat renovasi rumah type 36 di bawah 40 juta yang lainnya adalah menggunakan barang yang masih bagus dan layak digunakan kembali. Apabila di rumah masih tersedia perabotan yang masih bagus maka jangan ragu untuk menggunakannya kembali, misalnya saja pintu, jendela.

Sobat bisa mengecat ulang atau memolesnya dengan vernis atau politur sehingga tampak baru. Cara ini cukup efektif untuk menekan biaya renovasi rumah karena sobat tidak perlu lagi membeli barang yang baru. Jadi tidak ada salahnya sobat menggunakan bahan bangunan bekas yang masih layak pakai, selain lebih hemat, juga dapat menambah kreativitas.

Menyiapkan Anggaran Renovasi

Semoga uraian di atas bermanfaat untuk sobat yang ingin melakukan renovasi rumah type 36 di bawah 40 juta. Sobat yang masih bimbang untuk melakukan renovasi rumah harus segera melakukan perencanaan yang tepat dan menentukan budget yang akan dianggarkan dalam renovasi.

Nah poin yang tak kalah penting lainnya adalah mencari dan memilih pinjaman tunai untuk renovasi secara tepat dan cerdas jika memang sobat memerlukan dana. Pinjaman online yang tepat dapat membantu sobat untuk solusi sumber dana renovasi secara cepat, mudah, tanpa agunan, dan tanpa kartu kredit.

Pinjaman online ini digunakan untuk mempermudah proses pinjaman uang online kepada yang membutuhkan, seperti untuk renovasi rumah, pengembangan usaha kecil, ataupun kebutuhan mendadak dalam keluarga. Apabila sobat menggunakan pinjaman tunai untuk renovasi, ada baiknya untuk memaksimalkan dana tersebut agar tidak mubadzir.

Nah setelah dana dirasa cukup, maka setelah mengetaui tips berhemat dalam mendesain rumah, tak kalah penting anda pun perlu mengetahui jasa desain interior rumah yang terbaik.

Kriteria Jasa Desain Interior Terbaik

Jasa desain interior terbaru menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mempercantik interior rumah. Biaya untuk mendapatkan desain interior yang bagus tidaklah murah, sehingga menyerahkannya pada yang lebih ahli adalah keharusan.

Jangan iseng mendesain interior rumah jika Anda tidak memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Alih-alih ingin mempunyai rumah dengan interior yang cantik, yang didapat malah sebaliknya.

Jasa interior ini nantinya akan memberikan pencerahan bagi Anda perihal pemilihan warna furnitur, ornamen apa saja yang dibutuhkan hingga memperhatikan kebutuhan lighting rumah Anda.

 

Mungkin terdengar sederhana dan mudah, tapi kembali lagi, apabila Anda tidak mempunyai kompetensi dalam bidang interior sebaiknya menyewa jasa desain interior. Kendati demikian Anda juga perlu selektif dalam memilih jasa yang akan disewa. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami berikan ulasan tentang kriteria jasa desain interior terbaru yang layak Anda pilih.

Pilih jasa desain interior yang berpengalaman

Semakin banyak proyek desain yang dikerjakan oleh seorang interior designer maka semakin terlatih pula kemampuan desainnya. Untuk itu tanyakan pada jasa yang dipilih sudah berapa banyak proyek desain yang telah dikerjakan.

Selain itu Anda bisa meminta portofolio proyek desain yang sebelumnya ditangani. Anggap saja portofolio ini sebagai katalog hasil ide kreatif jasa tersebut.

Pilih jasa desain interior paket lengkap

Apabila budget untuk membayar jasa desain interior ini terbatas, tidak ada salahnya jika Anda mencari jasa desain yang menyediakan layanan lengkap. Lengkap disini meliputi; Free survey, free instalasi, free delivery, hingga free desain 3dimensi.  Selain itu, jasa interior yang baik bisa melayani desian eksterior, misalnya anda ingin mencari tukang taman Jakarta maka jasa desain yang baik bisa menyiapkan itu.

Meski begitu jangan jadikan poin-poin layanan Taman tersebut sebagai prioritas. Anda pun harus logis mengingat ide kreatif tersebut mahal karena tidak semua orang memilikinya. Jadi bayarkan harga yang pantas untuk jasa desain interior yang akan dipilih.

Pilih jasa desain interior yang komunikatif

Untuk mendapatkan hasil desain interior terbaik juga dibutuhkan komunikasi yang baik antara Anda dan jasa terpilih. Usahakan untuk memilih jasa desain yang informatif dan komunikatif sehingga bisa leluasa menyampaikan ide-ide untuk interior rumah Anda nantinya. Pastikan pula jasa desain interior tersebut bersifat terbuka, ini penting sebab Anda pun harus tahu betul apa-apa yang nantinya akan diaplikasikan pada rumah.

Komunikatif disini tidak terbatas pada ide-ide desain saja. Melainkan juga perihal harga hingga estimasi pengerjaan. Apalagi untuk estimasi ini turut berpengaruh pada jumlah biaya jasa yang disewa. Oleh karena itu komunikasikan dengan baik terkait desain, estimasi hingga biaya jasa yang harus dibayarkan agar proses desain berjalan lancar.

Pilih jasa desain interior yang bergaransi

Jasa desain interior profesional adalah jasa yang tidak meninggalkan proyek yang telah dikerjakannya begitu saja. Artinya, jasa ini menyediakan layanan garansi sehingga memungkinkan Anda untuk meminta perbaikan jika muncul kerusakan pada interior rumah. Tentu saja hal ini harus melalui kesepakatan kedua belah pihak, yakni Anda dan jasa terkait.

Jasa desain interior terbaru akan menjadi solusi bagi Anda yang tidak sabar ingin mempunyai hunian yang artistik. Bukan hanya eksterior yang harus diperhatikan, sebab nantinya Anda dan keluarga akan tinggal di dalam rumah. Untuk itu wajar jika Anda pun ingin membuat interior rumah lebih cantik dan indah. Melalui ide dan tangan kreatif dari jasa desain interior, impian untuk memiliki hunian yang nyaman pun bisa dimiliki.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.