Tips Buat Bekal Anak Jadi Lebih Seru Dengan Sosis

Untuk anak yang baru masuk sekolah usia TK atau playground, biasanya para ibu cukup pusing memikirkan bekal yang akan dibawa oleh anak. Karena umumnya setiap pagi ibu tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan bekal namun anak harus membawanya agar makanan yang dikonsumsi lebih sehat. Solusinya adalah dengan satu bahan yaitu sosis yang sangat praktis mulai dari cara memasak hingga memakannya.

Ada banyak pilihan menu kreasi sosis untuk bekal anak yang bisa dicoba. Namun jangan salah memilih merk sosis, Anda harus temukan produk terbaik salah satunya yaitu sosis Kanzler. Terlebih harga sosis Kanzler juga terbilang masih cukup terjangkau. Lalu apa saja resep sosis yang bisa dicoba untuk bekal anak?

1. Bola-bola Nasi Sosis Goreng

Untuk resep yang pertama ini bisa juga dicoba bagi anak yang kurang suka makan nasi. Bahan yang pertama adalah nasi, wortel, brokoli, bawang bombay dan sosis serta bumbu secukupnya. Ada juga tambahan bahan yaitu tepung terigu dan tepung roti.

Tumis bumbu dengan margarin lalu masukkan sosis dan wortel masak sampai matang dan sisihkan. Kemudian siapkan nasi dan masukkan campuran sosis, brokoli dan kaldu. Aduk rata semua bahan lalu ditekan-tekan dan koreksi rasa.

Adonan tadi bentuk menjadi bulat-bulat lalu balut bola-bola nasi yang sudah jadi dengan bahan pencelup tepung terigu dan gulingkan di tepung panir atau tepung roti sampai adonan habis.

Masukkan bola-bola nasi ke minyak yang panas dan goreng sampai kecoklatan. Bekal bola-bola nasi sosis goreng bisa disiapkan untuk anak.

2. Sosis Goreng Mentega

Jika resep yang pertama dirasa cukup rumit Anda bisa membuat sosis goreng mentega yang lebih praktis. Bahan yang dibutuhkan yaitu sosis sapi dan minyak goreng. Untuk bumbunya sendiri ada mentega, bawang bombay, bawang putih, cabai merah, saus tiram dan kecap manis serta garam dan lada.

Cara memasaknya yaitu potong tipis-tipis sosis lalu goreng sampai matang dan sisihkan. Panaskan minyak sedikit saja, lalu lelehkan mentega tambahkan bawang putih dan bawang bombay yang sudah diiris tipis. Tumis bumbu sampai harum lalu masukkan saus tiram dan kecap manis serta lada bubuk aduk rata semua bumbu dan sosis kemudian koreksi rasa.

3. Dadar Gulung Sosis

Resep ini tentu saja sangat menarik karena anak pasti suka perpaduan antara telur dan sosis. Bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah ditemukan yaitu telur ayam, sosis, susu cair, daun bawang dan bumbu seperti garam dan lada bubuk.

Cara memasaknya yaitu kocok telur terlebih dahulu lalu tambahkan susu cair, garam dan lada bubuk kemudian kocok sampai merata. Panggang sosis sebentar sampai matang dan panaskan minyak ke dalam teflon. Tuang adonan telur dadar sedikit demi sedikit kemudian bisa diratakan hingga seluruh permukaan teflon.

Ketika sudah matang sajikan telur dadar dengan mayonaise atau saus tomat agar tidak terlalu pedas.

4. Roti Gulung Sosis

Untuk variasi menu bekal anak bisa membuat roti gulung sosis dengan bahan yang tidak kalah praktis. Anda bisa menggunakan roti tawar dan sosis, telur, tepung panir dan juga minyak goreng. Terlebih dahulu pipihkan roti tawar menggunakan rolling pin atau jika tidak ada pakai gelas saja.

Taruh sosis di atas roti lalu gulung, golongan tadi dicelupkan dan baluri roti dengan telur kemudian gulingkan lagi ke tepung panir. Tekan-tekan sedikit roti ke tepung panir agar lebih mudah menempel. Sekarang Anda bisa goreng roti di minyak panas sampai sedikit kecoklatan lalu tiriskan.

5. Mini Corn Dog

Jika memiliki sedikit lebih banyak waktu bisa membuat variasi bekal berupa corn dog. Cara membuatnya yaitu dengan menggunakan bahan sosis sapi yang sudah dibelah menjadi dua, tepung roti protein tinggi, gula pasir, telur, butter, ragi instan, susu cair dan bumbu penyedap.

Bumbu yang digunakan adalah merica, garam, mayones dan saus tomat. Untuk bahan adonan campurkan tepung, ragi, gula, garam dan merica. Kemudian tambahkan telur dan aduk sampai merata dan tambahkan sedikit air, butter leleh,  kemudian aduk rata kembali.

Diamkan adonan dan tutup dengan lap basah lalu tunggu sampai 25 menit sampai adonan mengembang. Sementara itu Anda bisa menggunakan tusuk sate untuk menusuk sosis. Baluri sosis dengan tepung agar adonan bisa melekat kemudian masukkan sosis ke dalam adonan dan diputar-putar sampai semua sosis tertutup adonan.

Goreng sosis dengan minyak panas sampai kecoklatan, sajikan sosis dengan mayones ataupun saus tomat.

Itu tadi beberapa bekal makan anak yang tidak boleh dilewatkan untuk dibawa. Terlebih bagi Anda yang sibuk bekerja namun harus tetap membuat bekal anak. Untuk yang mencari sosis dari merk Kanzler, Anda bisa membelinya di supermarket ataupun minimarket hingga toko-toko online.