Rekomendasi Aplikasi absen Online Terbaik yang Banyak Digunakan Perusahaan Besar

Absensi kehadiran karyawan adalah hal terpenting yang wajib didata oleh perusahaan. Namun kini perusahaan tak perlu repot-repot lagi membuat absensi secara manual yang membuang banyak waktu. Sebagai solusinya, Anda bisa mencoba aplikasi absen online dari Mekari.

Kehadiran Talenta by Mekari sebagai aplikasi absen berbasis online, sejatinya telah membawa angin segar bagi perusahaan maupun karyawan. Karena selain lebih praktis, data absensi akan langsung terintegrasi dengan sistem payroll, sehingga proses perhitungan gaji karyawan pun lebih akurat.

Apa Itu Mekari?

Mekari adalah sebuah layanan untuk membantu mempermudah pekerjaan perusahaan dalam mengelola karyawan. Selain menyediakan software Talenta by Mekari, Anda juga bisa mengakses software Jurnal, Kikpajak, MekariFlex, dan Qontak.

Dengan menggunakan produk Talenta by Mekari membuat sistem administrasi HR dapat terautomatisasi menggunakan aplikasi HR dan HRD yang berbasis cloud. Selain itu, Anda dapat mengelola absensi, reimbursement dan payroll karyawan memakai software Talenta.

Sementara itu, Talenta yang bisa diakses di https://mekari.com/produk/absensi-kehadiran-online/ adalah sistem perangkat lunak HRIS berbasis cloud. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menggunakan banyak fitur menarik untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan, entah itu untuk urusan administrasi, ataupun keuangan.

Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Dalam Memilih Absensi Online

Jika saat ini Anda menemukan banyak sekali aplikasi absen online di perangkat android, tentu saja ada 4 hal yang harus diperhatikan saat memiilihnya :

1. Faktor Keamanan Data

Selain menilai kepraktisan dari layanan aplikasi absen online, Anda harus mempertimbangkan faktor keamanan data. Ini adalah hal terpenting, karena tak hanya data perusahaan saja yang diselamatkan, tetapi juga data karyawan. Tentu saja, setiap perusahaan mempunyai berbagai macam data penting yang sangat sensitif, bahkan hanya bisa diketahui beberapa pihak.

Namun jika data tersebut diretas, tentu bisa beresiko terhadap keamanan privasi para karyawan. Semua data yang diretas bisa saja dimanipulasi, bahkan pihak tak bertanggung jawab menyalahgunakan data tersebut.

Memilih aplikasi absen online karyawan dengan tingkat keamanan yang tinggi, maka semua data yang sifatnya sensitif akan tetap aman. Oleh karena itu, pilihlah software atau aplikasi absen online yang mempunyai tingkat keamanan data masimal seperti produk Mekari.

2. Tingkat Efisiensi Waktu

Pertimbangan kedua dalam memilih aplikasi absen online ialah dengan mempertimbangkan efisiensi waktu. Dimana tiap sistem pasti mempunyai banyak tujuan dan biasanya sangat mengutamakan efisiensi. Selain itu, setiap Manajer HRD tentu saja memerlukan data absensi kehadiran seluruh karyawannya. Nah, dari semua data tersebut telah tersimpan berbagai macam informasi penting yang dapat dijadikan bahan evaluasi bagi karyawan.

Apabila sistem absensi yang Anda gunakan tidak mengutamakan segi efisiensi waktu ini, sudah pasti semua data yang tersaji tidak dapat dilakukan secara real time. Sebagai dampaknya, perusahaan tidak dapat melakukan evaluasi segera, yang pada akhirnya membuat pengambilan keputusan menjadi terhambat.

Oleh sebab itu, Anda harus memilih aplikasi absen online yang menyajikan data dengan cara real time. Namun jangan khawatir, jika memilih Mekari maka semua data karyawan bisa diperoleh secara real time.

3. Keakuratan Menyajikan Data

Pihak HRD memerlukan data absensi karyawan agar dapat dilakukan pengambilan keputusan manajemen segera. Oleh sebab itu, absensi online yang berkualitas harus mampu menyajikan data karyawan dengan akurat. Di samping itu, proses penyajian data tersebut tak hanya akurat, tetapi juga harus user friendly. Memakai aplikasi yang sulit dioperasikan, justru membuat perusahaan akan kewalahan melakukan pekerjaan, serta cenderu tidak dapat mengontrol sistem kerja.

4. Harus Fleksibel

Saat karyawan harus bekerja di rumah atau sistem WFH (work from home) diberilakukan, tentu saja Anda membutuhkan aplikasi absen online yang fleksibel dapat dilakukan dimana saja. Sehingga karyawan tidak harus bolak-balik ke perusahaan hanya untuk mengabsen saja.

Untungnya keempat faktor tersebut di atas sudah dimiliki oleh Mekari, karena aplikasi absen online ini telah membekali aplikasinya dengan berbagai macam fitur modern yang mudah digunakan dan dapat mendukung pekerjaan perusahaan.

Bagaimana Aplikasi Absen Online Bekerja?

Jika Anda penasaran dengan cara kerja absensi online di Mekari, simak informasi langkah-langkahnya berikut ini :

1. Buka Aplikasi Lewat Perangkat Android

Untuk mempermudah menggunakan aplikasi di Mekari. Semua karyawan harus sudah mempersiapkan aplikasinya terlebih dahulu di perangkat smartphone.

Dengan demikian, saat karyawan akan melakukan absensi, bisa langsung mengakses aplikasi tersebut. Jika sudah menemukan aplikasi Mekari, Anda cukup membuka aplikasi Makari atau Talenta by Mekari, lalu masuk ke halaman utama yang telah disediakan di aplikasi.

Prinsip kerja sistem absensi online memakai aplikasi sebenarnya sangat mudah. Penerapan absen ini juga dapat dilakukan siapapun. Tak peduli apakah Anda pengguna baru atau lama, semuanya bisa mengakses Mekari dengan mudah.

2. Mendeteksi Lokasi

Jika sudah menginstal aplikasinya dan masuk ke halaman utama aplikasi, biasanya akan ada proses deteksi lokasi. Nah, deteksi lokasi ini biasanya terkoneksi dengan GPS, jadi sudah seharusnya perangkat smartphone yang Anda pakai telah terhubung GPS.

Sistem deteksi lokasi di aplikasi Mekari ini, tentu saja langsung terdeteksi secara akurat. Dengan demikian, lokasi keberadaan Anda untuk melakukan absensi akan terlihat jelas. Berdasarkan hasil abse online, pihak perusahaan selanjutnya akan mengetahui lokasi keberadaan Anda pada hari itu juga. Mereka bahkan bisa menelusuri dan melacak lokasi Anda saat melakukan absen.

3. Melakukan Deteksi Sidik Jari atau Fingerprint

Langkah absensi online di Mekari, selanjutnya jika Anda sudah memasuki aplikasi dan deteksi lokasi, selanjutnya tinggal tempelkan jari Anda untuk mendeteksi sidik jari atau fingerprint. Proses absensi dengan car aini sangat efektif, karena yang namanya sidik jari tentu tak bisa dimanipulasi.

4. Melakukan Absensi Lewat Android

Karyawan selanjutnya harus mulai melakukan absensi segera. Dengan titik lokasi yang dapat diakses online ini bisa terlihat di layar perangkat. Di samping itu, sidik jari Ketika melakukan absen pun dapat terdeteksi aplikasi secara langsung.

5. Penyimpanan Data di Cloud

Dengan melakukan absensi di Mekari, maka data karyawan akan langsung tercatat dalam sistem database server. Mengingat aplikasi Talenta by Mekari ini berbasis cloud, jadi seluruh data absensi karyawan akan langsung disimpan dalam database. Penyimpanan data karyawan tersebut terjadi dengan cara otomatis Ketika karyawan langsung melakukan absensi.

Dengan car aini, karyawan tak perlu lagi khawatir jika absensi kehadirannya tidak terdata, karena sistem absensi online di Mekari dilakukan secara akurat dan realtime. Semua data absensi akan terkumpul Ketika karyawan melakukan absensi langsung.

Nah, menariknya lagi kini Mekari telah memanfaatkan fitur live attendance yang lebih praktis dalam melakukan monitoring karyawan secara langsung. Fitur ini sangat membantu jika dibandingkan menggunakan fingerprint. Karena melalui fitur ini, absensi akan langsung terupdate otomatis dan realtime. Dengan begitu menjadi lebih efisien Ketika melakukan rekonsiliasi payroll.