Manfaat dan Fungsi Software Laporan Keuangan Untuk Bisnis

Memiliki bisnis di zaman modern tidak hanya soal mempromosikan produk atau layanan bisnis saja, tetapi juga mengelola keuangan bisnis. Untuk itu kini telah hadir inovasi baru dibidang keuangan yaitu software laporan keuangan. Menjadi solusi untuk mengelola keuangan dalam bisnis Anda sehingga laporan keuangan menjadi lebih cepat, tepat dan mudah.

Berbeda halnya dengan pembukuan cara manual yang membutuhkan banyak waktu, tenaga dan ketelitian serta staf keuangan yang harus menghitungnya secara manual. Namun saat ini semua kendala tersebut bisa diatasi dengan software laporan keuangan.

Dengan software laporan keuangan yang merupakan inovasi dari perkembangan teknologi saat ini, maka mampu mempermudah pengelolaan keuangan pada bisnis yang dijalankan.

Sehingga dengan semakin banyaknya transaksi keuangan dalam bisnis, dengan memakai software laporan keuangan dalam proses perhitungannya maka akan lebih cepat, teliti dan akurat laporan keuangan yang dibuat.

Tidak hanya perusahaan atau bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan dari software laporan keuangan ini, pelanggan juga akan lebih transparan untuk mengetahui transaksi yang mereka lakukan terkait dengan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda.

Mengenal Software Laporan Keuangan

Software laporan keuangan atau sistem akuntansi (disebut juga sebagai aplikasi keuangan) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk profesional akuntansi untuk mengelola akun dan menyederhanakan operasional keuangan dalam suatu organisasi.

Sistem akuntansi yang sederhana biasanya berupa program entri tunggal sederhana yang digunakan untuk penyimpanan data individu, sementara sistem akuntansi yang lebih canggih dapat digunakan untuk mengelola utang dan piutang, buku besar, faktur, gaji, dan bahkan aset organisasi.

Saat ini, sistem akuntansi merupakan perangkat lunak yang krusial bagi bisnis apapun. Perangkat lunak ini memungkinkan pelacakan transaksi keuangan yang terperinci dan pembuatan berbagai laporan keuangan secara instan.

Sebelum ada aplikasi keuangan, tugas-tugas keuangan harus dilakukan secara manual, menggunakan jurnal transaksi besar. Pembuatan laporan umumnya tidak praktis, karena manajer akuntansi harus mengonsolidasikan entri secara manual. Aplikasi keuangan mengotomatiskan tugas-tugas ini, mengurangi biaya akuntansi, dan memungkinkan pengambilan keputusan finansial yang lebih baik melalui pelaporan real-time.

Manfaat Software Laporan Keuangan

Hadirnya inovasi baru dibidang keuangan yaitu berupa software laporan keuangan akan membantu usaha atau bisnis Anda berjalan lebih teratur, sehingga Anda bisa lebih fokus mengembangkan promosi bisnis. Lalu apa saja manfaat software laporan keuangan saat ini untuk bisnis? Berikut ini adalah ulasannya:

1. Menjaga Aset Bisnis Anda

Manfaat software laporan keuangan lainnya adalah bisa membantu menjaga aset perusahaan. Hampir semua transaksi bisnis dapat dicatat dalam software laporan keuangan. Semua informasi mengenai aset perusahaan bisa langsung diakses oleh pemilih usaha dengan mudah hanya dalam aplikasi yang sudah terintegrasi.

2. Memudahkan Pengelolaan Keuangan

Meskipun usaha atau bisnis kecil, dengan memakai software laporan keuangan, maka secara langsung akan memberikan kemudahan bagi pengelolaan keuangan bisnis. Melalui pengelolaan keuangan seperti ini, Anda sebagai pemilik bisnis juga dapat menentukan berapa keuntungan dan pengeluaran yang dihasilkan perusahaan Anda.

3. Menghindari Kesalahan Perhitungan

Mungkin bisa Anda bayangkan, jika bisnis Anda masih menggunakan cara pengelolaan keuangan secara manual, sedangkan transaksi Anda sangat banyak, kemungkinan terjadi kesalahan perhitungan. Dengan software laporan keuangan, Anda dapat membuat laporan bisnis lebih akurat, dan risiko kesalahan seperti ini dapat diminimalkan.

4. Dapat menghemat waktu

Software laporan keuangan sangat praktis, sehingga laporan keuangan Anda bisa dikerjakan dengan lebih cepat. Bayangkan saja jika dilakukan secara manual, maka pembuatan laporan keuangan ini akan memakan waktu dan perhitungan yang cukup lama.

Dalam software laporan keuangan untuk bisnis, Anda hanya perlu menginput data, maka akan muncul hasilnya. Ini juga akan lebih menghemat waktu Anda, saat membuat laporan keuangan. Hasil laporan keuangan dengan menggunakan software laporan keuangan juga akan lebih akurat.

Khusus bagi Anda yang baru saja memulai bisnis, tentunya Anda kan diuntungkan dengan software laporan keuangan ini, karena semua pengelolaan keuangan cukup dilakukan melalui aplikasi mudah dan cepat, bisa dilakukan di manapun kapanpun hanya dengan sentuhan jari. Sehingga Anda bisa lebih fokus untuk mengebangkan bisnis Anda.

Fungsi Software Laporan Keuangan Perusahaan

Berikut ini adalah beberapa fungsi Software laporan keuangan bagi perusahaan yaitu :

1. Buat Laporan Keuangan Cepat dan mudah

Menjadi solusi yang tepat untuk mengelola keuangan bisnis Anda, software laporan keuangan juga bisa membantu Anda membuat laporan secara cepat dan mudah. Tidak perlu memakan waktu lama untuk menyajikan laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan dapat diakses secara real time kapan saja dan di mana saja.

2. Mampu Mengontrol Inventaris Perusahaan Antar Cabang

Anda dapat dengan mudah mengontrol inventaris bisnis Anda secara real time seperti mengelola semua proses bisnis dari satu tempat, mulai dari penjualan & faktur, pembelian, inventaris, semuanya instan dan otomatis bisa diakses kapanpun di manapun.

3. Kontrol Hutang dan Piutang Bisnis

Setiap saat Anda bisa memeriksa dan mengelola hutang dan piutang perusahaan serta dapat dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Selain itu dapat memudahkan Anda dalam mengambil keputusan secara cermat dan efisien. Sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan optimal dan cepat berkembang.

4. Mudah dalam membuat Faktur Keuangan

Dengan memakai software laporan keuangan, Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat faktur perusahaan, hanya dengan satu klik pada fitur aplikasi dan secara hitungan detik Anda sudah dapat membuat dan mengelola faktur kapanpun dan di manapun.

5. Menghemat Biaya Perusahaan

Aplikasi keuangan mengotomatiskan penghitungan pokok dan prosedur administrasi serta mengatur susunan anggaran Anda, sehingga Anda tidak perlu melakukan outsourcing manajemen keuangan kepada pihak eksternal. Perangkat lunak ini juga dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan pencetakan dan pemberian dokumentasi, sebab seluruh data disimpan secara digital di lokasi yang aman dan terpantau.

Menurut akuntan atau auditor, salah satu manfaat penting dari aplikasi keuangan yang baik adalah sistem ini dapat meminimalkan human error yang biasa terjadi saat penghitungan dan entri data. Ketidakakuratan dalam laporan keuangan dapat menyebabkan krisis yang berdampak pada keberlangsungan bisnis, dan sistem akuntansi dapat mencegah hal ini terjadi.

6. Mempermudah Pengambilan Keputusan

Ini merupakan salah satu keunggulan utama dari sistem akuntansi yang canggih. Tanpa perangkat lunak ini, Anda akan kesulitan memahami secara rinci kondisi keuangan Anda. Sistem ini memberikan Anda angka yang dapat membantu Anda memahami di mana harus memotong pengeluaran atau di mana harus berinvestasi lebih banyak.

Dengan gambaran yang jelas tentang keadaan keuangan Anda saat ini, Anda akan bisa lebih mudah mengembangkan strategi yang cerdas dan mengalokasikan sumber daya dengan tepat.

Fitur-Fitur Umum dalam Software Laporan Keuangan yang Canggih

Setiap software laporan keuangan memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, akan tetapi ada beberapa fitur utama yang seharusnya ada dalam perangkat lunak akuntansi yang lengkap dan canggih. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Financial Forecasting

Ini mungkin merupakan fitur software laporan keuangan yang paling krusial. Setiap bisnis tentunya ingin bisa mengestimasi biaya dan pendapatan mereka secara tepat. Alat forecasting membantu mengontrol keuangan dengan bijak, menghilangkan biaya yang tidak perlu, dan mengoptimalkan keuntungan.

2. Manajemen Penagihan dan Faktur

Aplikasi keuangan yang canggih menyediakan fitur yang memudahkan pemilik bisnis membuat, mengelola, serta mengirim berbagai jenis penagihan dan faktur. E-faktur yang lengkap dengan berbagai komponennya dapat dikustomisasi sesuai dengan preferensi pemilik bisnis dan dapat dibuat dalam waktu yang sangat singkat.

3. Rekonsiliasi Akun & Laporan Bank

Rekonsiliasi merupakan langkah yang penting untuk memastikan keakuratan data keuangan Anda. Jika dilakukan secara manual, ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan human error bisa terjadi kapan saja. Tetapi, dengan aplikasi keuangan yang modern, Anda dapat merekonsiliasi akun dan laporan bank Anda dalam hitungan detik.

4. Pembuatan Laporan Keuangan

Software laporan keuangan memungkinkan Anda untuk menghasilkan laporan keuangan (laba rugi, neraca, perubahan modal, arus kas, dan sebagainya) secara digital. Anda pun dapat membuatnya dalam beberapa versi; tabel, diagram grafik, garis, dan lingkaran.

5. Manajemen Pembelian dan Penjualan

Software laporan keuangan yang baik terintegrasi dengan Sistem Pembelian terbaik dan Sistem Penjualan terbaik sehingga memungkinkan Anda untuk mengelola transaksi kapan pun Anda inginkan. Anda dapat dengan mudah membuat berbagai dokumen seperti pesanan pembelian dan penjualan, nota debet dan kredit, penawaran, resi, dan masih banyak lagi.

6. Manajemen Depresiasi Aset

Dengan aplikasi keuangan yang kompleks, Anda bahkan dapat menghitung penyusutan aset secara otomatis dan akurat. Menghitung depresiasi aset dapat dengan berbagai metode sesuai kebijakan perusahaan Anda. Perhitungan ini sudah sesuai dengan pajak dan standar akuntansi yang berlaku.

Rekomendasi Software Laporan Keuangan Terbaik

Jurnal by Mekari merupakan software laporan keuangan online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software laporan keuangan ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.