Inilah 5 Resiko yang Akan Dialami Jika Asal Pilih Lembaga Penyedia HR Training

Dalam dunia kerja, khususnya adalah yang ada pada lingkup perusahaan ada banyak divisi yang melakukan tugasnya masing-masing, salah satu diantaranya adalah HDR yang memiliki tugas dalam mengelola sumber daya manusia yang bekerja dalam perusahaan tersebut. Mengingat tugasnya yang begitu penting tak heran jika seandainya perusahaan sendiri juga selektif memilih orang untuk menduduki jabatan tersebut. Nantinya akan dilakukan serangkaian tes bahkan juga pelatihan-pelatihan khusus termasuk diantaranya adalah HR training .

Training HRD ini sendiri pada dasarnya dapat Anda percayakan kepada lembaga pelatihan yang tepat. Dimana di Indonesia sekarang mulai banyak bermunculan lembaga atau perusahaan penyedia pelatihan semacam ini. Apalagi semenjak pandemi ini memang jadi semakin banyak, karena perusahaan sendiri masih terus bersaing untuk meningkatkan kompetensi mereka agar tidak kalah dengan yang lain. Banyak diantaranya lembaga yang menawarkan harga murah, promo spesial dan tentunya masih banyak yang lain. Namun apakah kualitasnya sama, tentu saja berbeda.

Tahukah Anda banyak diantaranya adalah lembaga yang baru saja muncul semenjak populernya pelatihan secara online? Tanpa adanya pengalaman pastinya bukan pilihan terbaik bagi Anda bukan, adapun diantaranya beberapa resiko yang nantinya bisa saja dialami jika seandainya asal dalam memilih lembaga penyedia HR training tersebut, yaitu:

  1. Materi yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan, inilah hal yang bisa saja terjadi jika seandainya asal memilih lembaga pelatihan, dimana sangat mungkin nantinya materi pembelajaran yang Anda butuhkan dalam mengikuti pelatihan tersebut ternyata sama sekali tidak diajarkan. Karena memang sebelumnya tidak mengecek terlebih dahulu silabus atau garis besar materi apa saja yang akan diberikan ketika bimbingan. Sayang bukan sudah keluar banyak uang, namun tidak mendapatkan apa yang diharapkan.
  2. Mentor yang tidak kompeten, mentor yang memberikan pelatihan ternyata juga tidak kompeten, karena sama sekali tak punya latar belakang atau pengalaman di bidangnya. Sehingga apa yang dibicarakan atau materi yang diberikan sama halnya seperti omong kosong, karena memang tidak didasarkan pada pengalaman mereka sendiri.
  3. Rugi waktu dan tenaga, ini juga termasuk dalam kerugian Anda, karena sudah mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit untuk mengikuti bimbingan. Meluangkan waktu dan juga tenaga untuk mengikutinya, namun ternyata tidak mendapatkan ilmu apapun.
  4. Sertifikat yang didapatkan tidak berguna, sebut saja nantinya sertifikat tersebut dijadikan sebagai tambahan dalam CV ketika akan melamar pekerjaan, namun pada dasarnya perusahaan sendiri juga akan melihat lembaga penerbitnya apakah terpercaya ataukah tidak, jika lembaganya saja abal-abal tentunya sertifikat yang diberikan tidak akan berguna untuk menambah apapun bukan.
  5. Rugi secara materi, kerugian lain juga dari segi biaya, karena untuk mengikuti pelatihan tersebut ada sejumlah uang yang memang harus Anda bayarkan, namun ternyata apa yang diharapkan tidak sesuai dengan yang diberikan.

Jadi alangkah baiknya riset terlebih dahulu, pilah-pilih agaknya manakah lembaga penyedia HR training tersebut yang benar-benar terpercaya dan juga berpengalaman di bidangnya. Carilah juga yang agaknya memiliki reputasi yang baik seperti diantaranya adalah dari Prasmul-ELI, banyak dijadikan sebagai pilihan perusahaan-perusahaan yang sedang mencari program training untuk karyawan mereka. Apalagi program training yang ditawarkan oleh Prasmul-ELI ini sendiri pilihannya juga relatif banyak, sedangkan dari segi harganya sendiri juga cukup terjangkau, cocok digunakan untuk mengasah kemampuan Anda.