5 Tips Memilih Rumah Kontrakan yang Tepat di Kota Besar

Tinggal di kota besar seolah-olah menjanjikan kemudahan dalam segala hal. Daerah perkotaan merupakan pusat bisnis, contohnya Cirebon. Cirebon sebagai salah satu kota besar di Jawa Barat merupakan salah satu pusat dari aktivitas bisnis. Tidak heran jika banyak orang hijrah untuk bisa tinggal di kota tersebut.

Para pendatang dari daerah berbondong-bondong datang ke Cirebon untuk mencari pekerjaan. Walaupun banyak diantara mereka yang tidak mempunyai rumah di kota tersebut. Untuk mendapatkan tempat untuk tinggal, sebagian besar pendatang memilih untuk sewa kontrakan bulanan. Sewa kontrakan bulanan lebih dipilih karena kebanyakan pendatang tidak pasti menetap di kota Cirebon.

Menemukan tempat sewa kontrakan murah di Cirebon tidaklah sulit. Ada banyak pengembang properti yang menyewakan bangunan rumah untuk dijadikan kontrakan. Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi.

Agar Anda mendapatkan rumah kontrakan bulanan yang tepat, Anda bisa mengikuti 5 tips berikut ini.

1.   Cari lokasi rumah yang sesuai kebutuhan

Tips yang pertama untuk mendapatkan rumah kontrakan bulanan yang tepat adalah mencari lokasi bangunan rumah sesuai kebutuhan. Carilah lokasi rumah kontrakan yang dekat dengan tempat Anda bekerja.

Lokasi kontrakan yang dekat dengan tempat kerja akan memudahkan Anda untuk melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Anda juga bisa datang tepat waktu ke tempat kerja. Biaya transportasi yang Anda keluarkan juga tidak terlalu besar karena lokasi yang dekat.

Selain dekat dengan tempat Anda bekerja, usahakan untuk mencari rumah kontrakan yang lokasinya dekat dengan fasilitas umum. Misalnya saja, Anda sewa kontrakan bulanan Jakarta Pusat, cari daerah yang dekat dengan pasar, supermarket, maupun pusat perbelanjaan lainnya. Jika Anda sewa rumah kontrakan bersama anak dan keluarga, pastikan pula lokasinya dengan dengan sekolah.

2.   Lakukan riset harga dan fasilitas yang tersedia

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan riset harga dan fasilitas dari rumah kontrakan. Selain lokasi, besar harga sewa rumah kontrakan juga ditentukan oleh fasilitas yang disediakan.

Fasilitas yang ditawarkan oleh rumah kontrakan cukup beragam. Fasilitas pokok seperti air dan sambungan listrik pasti tersedia di rumah kontrakan. Jika Anda menginginkan fasilitas lain yang lebih lengkap, Anda bisa mencari rumah kontrakan bulanan Jakarta Pusat di daerah perumahan.

Rumah kontrakan yang ada di daerah perumahan biasanya menawarkan fasilitas yang lebih lengkap daripada rumah kontrakan di pinggir kota. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula harga sewa dari rumah kontrakan.

Jika Anda termasuk pendatang yang berpenghasilan belum terlalu tinggi, Anda bisa memilih kontrakan bulanan Jakarta Pusat dengan fasilitas standar. Sewa bulanan lebih disarankan karena Anda belum tentu menetap lama di kota Jakarta Pusat.

3.   Gunakan situs jual beli untuk membantu riset

Saat ini sangat mudah menemukan situs yang menyediakan jasa bantu mencari rumah kontrakan. Bermodalkan smartphone dan paket internet, Anda sudah bisa mencari rumah kontrakan secara mudah.

Memanfaatkan situs jual beli akan memudahkan Anda melakukan riset harga sewa rumah kontrakan di pasaran. Selain itu, Anda akan mudah menemukan rumah kontrakan sesuai lokasi yang Anda inginkan.

Melalui situs jual beli, Anda bisa membandingkan harga sewa rumah kontrakan dengan mudah. Anda juga bisa mengetahui fasilitas-fasilitas yang ditawarkan dari setiap rumah kontrakan.

4.   Lakukan survei langsung ke lokasi

Setelah melakukan riset lokasi dan harga, Anda bisa langsung datang ke lokasi tempat rumah kontrakan berada. Mengetahui kondisi rumah dan lingkungan kontrakan secara langsung akan meminimalisir kekecewaan di kemudian hari.

Anda pasti ingin rumah kontrakan yang Anda sewa sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk melakukan survei secara langsung ke lokasi rumah kontrakan. Dengan datang secara langsung, Anda akan mengetahui kondisi real dari bangunan. Anda juga bisa tahu kerusakan-kerusakan yang ada pada bangunan, sehingga Anda tidak akan kaget saat menempati tempat tersebut.

Selain itu, survei langsung ke lokasi memungkinkan Anda untuk mengetahui kondisi lingkungan sekitar. Anda bisa menyimpulkan bahwa lingkungan tersebut aman dan nyaman setelah melihat lingkungan sekitar. Anda pasti ingin mendapatkan rumah kontrakan dengan lingkungan yang nyaman agar saat bepergian Anda tetap merasa tenang. Untuk itu, Anda harus benar-benar meluangkan waktu untuk melakukan survei secara langsung.

5.   Ketahui isi surat kontrak perjanjian sewa

Setelah menentukan rumah kontrakan yang akan disewa, Anda harus membuat surat kontrak perjanjian sewa. Surat kontrak diperlukan agar pemilik dan Anda sebagai penyewa tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

Dalam surat kontrak perjanjian, kedua belah pihak bisa mengusulkan isi dari perjanjiannya. Pemilik biasanya memberikan syarat-syarat khusus seperti tidak boleh melakukan renovasi, membayar uang jaminan di muka, atau bahkan kesepakatan pembayaran fasilitas pokok.

Anda sebagai calon penyewa juga mempunyai hak untuk memberikan syarat di surat perjanjian kontrak. Misalnya saja, Anda tidak ingin pemilik datang ke rumah kontrakan semaunya. Walaupun Anda tidak mempunyai hak milik, Anda menginginkan privasi saat tinggal di rumah kontrakan.

Di dalam surat perjanjian sewa, biasanya juga dituliskan jangka waktu sewa dan besaran sewa yang harus dibayarkan. Jangka waktu sewa pada umumnya bisa bulanan, trimester, 6 bulanan (semester), maupun tahunan. Jika Anda hanya berencana tinggal sementara waktu, Anda bisa memilih sistem sewa bulanan.

Itulah tadi penjelasan terkait 5 tips memilih rumah kontrakan yang tepat di kota besar. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda menemukan rumah kontrakan yang tepat, terutama di kota besar seperti Cirebon.